Sebelum mulai, pertama kalian harus mendownload tools yang akan digunakan disini. Ikuti petunjuk installasi dengan benar. OK sebagai contoh, misal saya akan menambah object ke karakter Cammy (kostum pertama), maka saya akan butuh texture dari object tersebut agar object yang saya tambahkan nantinya punya texture yang benar dan tidak membuat game jadi crash.
Misal ini adalah texture yang akan saya tambahkan, sebelah kiri (merah) adalah texture dan sebelah kanan normal map, saya akan save masing-masing dengan ekstensi dds (05.dds dan 05_nml.dds). Kenapa saya menggunakan angka 05, karena texture yg digunakan di kostum pertama Cammy memiliki 4 texture dan 4 normal map, jadi texture tambahan masing-masing ada diurutan ke 5.
Selanjutnya buka SF4 Assets Explorer, lalu drag file CMY_01_01.col.emb dan CMY_01.nml.emb yang ada di folder CAPCOM\Super Street Fighter IV\resource\battle\chara\CMY ke SF4 Assets Explorer. Klik tanda + pada root CMY_01_01.col.emb dan kalian akan menemukan 4 file DDS, extract ke-4 file tersebut dengan seleksi file (dari atas) lalu klik kanan dan pilih extract, simpan dengan nama file 01.dds sampai 04.dds (4 textures). Selanjutnya klik tanda + pada file CMY_01.nml.emb dan extract semua normal map dan beri nama 01_nml.dds sampai 04_nml.dds (4 file dds).
Note: bagi kalian yang butuh DDS plugin buat Photoshop silahkan download disini.
Simpan semua textures ke dalam folder emb yang ada di dalam folder Workshops, jangan lupa tambahkan file textures yang akan kita tambahkan. Buka sf4tool.exe di folder Workshops.
Langkahnya:
1. Klik 2x folder emb di box nomor 1.
2. Klik tombol nomor 3, maka akan keluar list di box nomor 2.
3. Di box nomor 2, hapus semua yang ada tulisan xx_nml.dds (dikasus saya, saya akan
menghapus baris E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\01_nml.dds sampai dengan
baris E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\05_nml.dds).
4. Sekarang sisanya adalah baris dengan textures dds, tapi urutannya terbalik. Urutkan
dulu sesuai urutannya dari 01 - 05, dalam kasus saya jadi seperti ini:
E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\01.dds
E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\02.dds
E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\03.dds
E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\04.dds
E:\Project\SFIV\Skins\Workshops\emb\05.dds
Note: kalian bisa menyeleksi baris lalu cut, kemudian paste di urutan yang sesuai.
5. Kalau semua sudah benar urutannya tekan tombol nomor 4 dan kalian akan menemukan
file dengan nama newpack.emz di folder emb.
6. Buka file newpack.emz di SF4 Assets Explorer dengan men-drag.
7. Pastikan urutan dds-nya sudah benar 01 - 05, kalau sudah benar klik kanan dan pilih
close file.
8. Rename file tersebut dengan nama CMY_01_01.col.emb.
Ulangi langkah nomor 2, tapi kali ini sisakan baris normal map-nya (xx_nml.dds), simpan file baru dengan nama CMY_01.nml.emb. Sekarang copas 2 file baru yang kita buat kedalam folder COS Files, timpa file lama bila ada konfirmasi. Berikut adalah susunan file col dan nml yang benar:
No comments:
Post a Comment